Berita Pemerintahan
Selasa 27 Maret 2018 15:34:39

Wakil bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ahmadi Riansyah pada Kamis (22/3/2018) melakukan monitoring jalan konsorsium wilayah kecamatan Arut Utara. Hal ini dilakukan sebagai bagian untuk melihat progress dari kesepakatan antara pemerintah daerah bersama beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium yang berkomitmen terlibat dalam pengerjaan jalan penghubung antar wilayah. Pemkab Kobar sebelumnya memproyeksikan bahwa di tahapan awal setidaknya akhir bulan maret 2018 beberapa target telah tercapai. Setelah melakukan pemantauan langsung di lapangan, memang beberapa titik masih belum mencapai target, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah curah hujan yang cukup tinggi, selain juga faktor medan yang cukup berat. Ditemui di ruas jalan Desa Pandau-Panahan, Ahmadi menyampaikan jika di bulan April ini PT.KORINTIGA HUTANI akan melaksanakan pengerjaan di tahapan berikutnya, yaitu pelatritan jalan. Hal ini merupakan bagian dari kesepakatan dimana PT. KORINTIGA HUTANI akan menggarap sepanjang18 km jalan. Tidak hanya itu, pihak PT. ASTRA juga akan melakukan melanjutkan pembukaan ruas jalan Pandau-Simpang Penyomban. "Langkah pemerintah selanjutnya paska kunjungan lapangan ini, kita akan melaksanakan rapat bersama, kita harapkan bahwa keinginan kita dalam pengerjaan jalan, tidak hanya mengejar target waktu, melainkan yang paling penting adalah memprioriaskan kualitas jalan," kata Ahmadi. 
Berdasarkan laporan yang ada sejauh ini beberapa perusahaan telah menjalankan pengerjaan jalan, diantaranya PT. KORINTIGA HUTANI sudah berjalan 91%, PT. ASTRA di ruas Pangkut-Kerabu sejumlah 95%, PT. BJAP sejumlah 54% dari ruas Kerabu-Simpang Penyombaan, sisanya PT. ESBURY 28%.
Ahmadi melanjutkan jika penting artinya pembangunan jalan penghubung antar desa ini bagi masyarakat. Selain demi aksesbilitas dibidang ekonomi, hal ini nantinya juga akan mendukung program pemerintah di dalam mendorong pariwisata di kecamatan Arut Utara. "Tidak banyak masyarakat tahu jika di Desa Riam memiliki potensi wisata sungai, demikian juga di Desa Panahan terdapat air terjun, jug monument Palagan Sambi di Desa Sambi," lanjut Ahmadi.

admin | 27-03-2018 15:36:44

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat