Berita Daerah
Rabu 12 September 2018 09:15:00

Prokom - Peringatan Hari Olah Raga Nasional (HOARNAS) XXXV Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berlangsung meriah. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Sampuraga pada Senin (10/9/2018) ini dihadiri oleh Gubernur Kalteng yang bertindak sebagai inpektur upacara. Selain Gubernur Kalteng, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati/Walikota se-provinsi Kalteng. Kegiatan yang diawali oleh senam massal ini diikuti juga oleh ratusan masyarakat dari berbagai elemen, baik itu institusi pemerintah, swasta, berbagai komunitas hingga pelajar dan mahasiswa. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ppacara bendera yang dipimpin oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam kesempatan ini, Gubernur Kalteng juga menyerahkan penghargaan kepada dua atlet asal Kalteng yang berhasil meraih medali dalam perhelatan ASIAN GAMES beberapa waktu lalu. Kedua Atlet yang membanggakan warga Kalteng tersebut menerima uang pembinaan dari Pemprov Kalteng senilai masing-masiing Rp. 125 juta rupiah. Adalah Poliansyah dari cabang olah raga dayung dan Eko Rimbawan dari cabang olah raga atletik di nomor lari estafet beregu.

Tema besar HAORNAS Tahun 2018 ini adalah “Ayo Olah Raga, Bangun Indonesia”. Tema ini mengandung makna ajakan untuk berolahraga . Dengan berolahraga akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat, membangun badan yang kuat. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang membacakan sambutan Menteri Olah Raga mengungkapkan, jika di tahun ini bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan suksesnya penyelenggaraan ASIAN GAMES yang diikuti juga dengan sukses prestasi. “Di dalam mencapai prestasi, tentu tidak muncul secara tiba-tiba, prestasi lahir karena dipersiapkan secara matang dan sistematik serta dukungan dari semua pihak yang disertai doa dari seluruh masyarakat Indonesia,” kata H. Sugianto Sabran. H. Sugianto melanjutkan, dalam konteks pembangunan olah raga, sesuai intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Gerakan “Ayo Olah Raga”, H. Sugianto mengajak untuk sama-sama melaksanakan gerakan olah raga secara massif dan meluas di semua lapisan masyarakat. “Olah Raga harus menjadi kerbutuhan hidup dan menjadi gaya hidup,” lanjut H. Sugianto.


Sementara itu Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, S.H.,M.H. mengatakan jika momen peringatan HAORNAS ini dijadikan momentum bagi Pemkab Kobar untuk terus mendorong pembinaan di bidang Olah Raga. “Kami akan terus berkoordinasi dengan KONI, terutama berkaitan dengan pembinaan cabang olah raga yang dipertandingkan baik itu di kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional,” kata Hj. Nurhidayah. Hj. Nurhidayah juga berharap, Pemkab Kobar bersama KONI terus menumbuhkan semangatnya di dalam membangun keolahragaan di Kobar untuk memberi ruang dalam meraih prestasi.

admin | 12-09-2018 09:23:16

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat