Berita Daerah
Senin 28 Januari 2019 07:21:00

Upaya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam meningkatkan pelayanan penyediaan infrastruktur terus digenjot. Sebagai tindak lanjut atas kegiatan kunjungan kerja Wakil Bupati Kobar bersama beberapa instansi terkait pada 3 Januari 2019 lalu ke Desa Sei Bedaun dan Desa Sekonyer, didapati beberapa aspirasi dari masyarakat dalam hal ketersediaan jaringan listrik. Sejauh ini masyarakat di beberapa Desa di wilayah Kumai seberang memang belum menikmati aliran listrik seperti desa-desa lainnya. Untuk itulah Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah segera mengambil langkah strategis, diantaranya membentuk tim dan mengadakan rapat pada Selasa (15/1/2019) di Aula Kantor Bupati. Dari rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati tersebut dihasilkan kebijakan untuk segera membangun jaringan listrik yang nantinya akan menyalurkan listrik di beberapa desa di wilayah kumai seberang. Jaringan listrik sudah mulai dibangun seiring dengan jalan penghubung lintas desa yang telah dimulai melalui kerjasama beberapa pihak perusahaan swasta melalui sistem konsorsium. 


Setelah dilakukan survey lapangan oleh tim yang terdiri dari pemerintah daerah dan PT. PLN pada Kamis (24/1/2019) didapati kondisi lokasi yang dijadikan titik-titik pemasangan tiang listrik adalah sepanjang jalan konsorsium. Saat ini telah terpasang sebanyak 66 tiang listrik dan titik terakhir berada di wilayah PT. SSS (Surya Sawit Sejati). Selain di wilayah PT. SSS, titik pemasangan tiang listrik juga berada di wilayah PT. BLP (Bumi Langgeng Perdanatrada) yaitu sepanjang 16 km. Sudah ada kesepakatan bersama, bahwa kebun yang terdampak dalam rencana pemasangan tiang listrik tersebut akan dilakukan pemangkasan sehingga tidak akan mengganggu jaringan listrik. Untuk lokasi di Desa Sei Bedaun dan Sekonyer pun juga sudah ditentukan titik pemasangan tiang listrik oleh pihak PLN. Sudah ada kesepakatan bersama anatara pemerintah daerah, PLN dan pihak perusahaan dalam permbangunan jaringan listrik ini. Dan saat ini pihak PLN tinggal menunggu penyelesaian administrasi kesepakatan dengan perusahaan untuk melanjutkan penyambungan titik tiang terakhir menuju jaringan ke desa Sei Badaun dan Sekonyer.

 
Ahmadi Riansyah mengatakan jika kebijakan pembangunan infrastruktur menjadi prioritas di wilayah Kumai seberang ini. Selain telah dimulainya jalan penghubung antar desa melalui konsorsium, layanan energi listrik juga menjadi hal yang penting untuk segera dilaksanakan pembangunannya. Ahmadi berharap ke depan masyarakat terus mendukung upaya pemerintah daerah ini demi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah desa-desa yang selama ini terkucilkan akibat kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai.

admin | 28-01-2019 07:33:17

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

Nomor Telepon Penting

Kontak

  • Kantor Bupati
    0532-21010
    -
  • Polres Kobar
    0532 21110
    -
  • Satlantas Kobar
    0532-21770
    -
  • Damkar Kobar
    0532-22008
    -
  • Satpol PP Kobar
    0532-25052
    -
  • PDAM Kobar
    0532-21260
    -
  • PLN Kobar
    0532-24123
    -