Berita Daerah
Kamis 31 Januari 2019 07:56:06

MMC KOBAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) sejak tahun 2017 melaksanakan pembangunan jalan penghubung antar desa yang melibatkan sebanyak 7 perusahaan melalui dana konsorsium. Dan saat ini ada 4 perusahaan yang baru menyelesaikan akses jalan tersebut.

Penyerahan hibah pembangunan jalan penghubung antar desa melalui program konsorsium dari 4 perusahaan kepada Pemkab Kobar tersebut  dilaksanakan di desa Panahan, Kecamatan Arut Utara, Rabu (30/1/2019).

Direktur PT Korintiga Hutani Park Jong Myong mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat senang karena baru kali ini pihak perusahaan dilibatkan dalam pembangunan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Kobar karena kami diberikan kepercayaan dan dilibatkan dalam kegiatan pembangunan daerah secara langsung, dimana kami diberikan kepercayaan mengerjakan jalan penghubung antar desa sepanjang 16,5 km dan satu jembatan di desa Riam, hari ini kami serahkan kembali hasil pekerjaan itu kepada Pemkab Kobar sebagai tanda kami telah melaksanakan kegiatan tersebut, meski sempat terlambat yang disebabkan faktor cuaca,". kata Direktur PT Korintiga Hutani Park Jong Myong.

Sementara itu, Camat Arut Utara Syah Iksan mengatakan atas nama masyarakat Kecamatan Arut Utara menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kobar serta pihak perusahaan yang telah meningkatkan akses jalan penghubung antar desa di Kecamatan Arut Utara sehingga saat ini tidak ada lagi desa yang terisolasi.

"Selama ini Kecamatan Arut Utara terkesan ditinggalkan sehingga Arut Utara menjadi Kecamatan yang tertinggal, tetapi sejak kepemimpinan Pasangan Nurani gebrakan setelah Ibu Bupati dan Wakil Bupati dilantik langsung membuka keterisolasian desa dengan membuka akses jalan melalui program konsorsium, kini jalan semua desa telah terhubung tinggal kami mendongkrak objek-objek yang ada di Arut Utara guna meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Camat Arut Utara.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan sejak tahun 2017 telah dilaksanakan program konsorsium yang membuka akses jalan penghubung antar desa di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Arut Utara, Pangkalan Banteng, Kumai dan Kecamatan Kotawaringin Lama dengan total semuanya sepanjang 177 km.

"Hasil pekerjaan itu telah diserahkan kembali kepada Pemkab Kobar dan akan kami lanjutkan pembangunan selanjutnya yang di danai oleh APBD Kobar," ucap Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah menyisihkan dana CSR nya untuk pembangunan akses jalan penghubung antar desa, sehingga kini semua desa telah terhubung.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang merelakan lahan tanpa ganti rugi dalam pekerjaan ini sehingga ini menjadi contoh bagi yang lainnya dimana masyarakat andil dalam pengembangan pembangunan daerah," ujar Bupati.

Adapun keempat perusahaan yang telah menyerahkan hasil pekerjaan jalan konsorsium kepada Pemkab Kobar tersebut, yakni PT Bumi Langgeng Pradana Trada, total pekerjaan sepanjang 16,6 km dengan biaya mencapai Rp 4.217.606.000. PT Andalan Sukses Makmur, panjang 9,2 km dengan total biaya Rp 4.741.840.000. PT Surya Sawit Sejati, panjang 6,2 km dengan biayanya Rp 1,486.500.000, dan PT Korintiga total pekerjaan sepanjang 16,5 km dan satu jembatan di Desa Riam dengan total biaya Rp 14.042.683.000. (Humas Diskominfo Kobar)

admin | 31-01-2019 07:58:15

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat