Berita Daerah
Selasa 07 Mei 2019 08:00:00

PROKOM - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah, S.H.M.H. meresmikan Pasar Ramadhan 1440 H di Lapangan Tugu, kelurahan Raja. Peresmian tepat di hari pertama pelaksanaan ibadah puasa Senin (6/5/2019). Aktifitas yang akrab dengan sebutan pasar wadai kali ini akan berlangsung selama 1 bulan hingga berakhirnya bulan Ramadhan. Kali ini, Pemkab Kobar menyediakan sebanyak 66 lapak gratis bagi 66 pedagang yang juga para pelaku usaha mikro kecil jasa kuliner. Sebelumnya para pedagang juga dibekali pengetahuan tentang keamanan pangan, perlindungan konsumen, peningkatan kedisiplinan dan kewirausahaan melalui kegiatan sosialisasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM. Melalui pembekalan ini diharapkan olahan makanan dari para pedagang layak konsumsi, bebas bahan pengawet dan yang jelas Halal. 


Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, S.H.,M.H. mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang rutin digelar tiap bulan Ramadhan ini. Hj. Nurhidayah juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan pasar Ramadhan kali ini. Bupati perempuan pertama di Kalteng ini juga menyampaikan jika Pasar Ramadhan ini merupakan salah satu nilai kearifan lokal, yang telah menjadi tradisi bagi umat Islam dalam bulan suci Ramdhan. “Setidaknya ada manfaat utama yang dapat dirasakan terkait kehadiran pasar Ramadhan ini, kita dapat melestarikan tradisi Islam, sekaligus pelestarian kuliner lokal, dan yang terpenting adalah memberdayakan usaha kecil dan menengah,” kata Hj. Nurhidayah. Hj. Nurhidayah melanjutkan, jika gelaran Pasar Wadai ini sekaligus mampu berperan sebagai sarana wisata kuliner. Hj. Nurhidayah mengaku jika Pemkab Kobar sedang menggali dan mendorong berkembangnya destinasi-destinasi wisata baru, salah satunya ialah di sektor kuliner.


Kehadiran pasar Ramadhan ini juga dapat meringankan beban bagi keluarga, di dalam menyiapkan dan menyajikan menu berbuka puasa. Dan yang paling penting, lanjut Hj. Nurhidayah, Pasar Wadai ini bukan sekedar untuk kepentingan bisnis semata, akan tetapi juga sebagai wadah bagi seluruh warga masyarakat, untuk dapat saling menyapa, saling mengenal, saling bersilahturahmi dan menjalin rasa kebersamaan. 
Selepas meresmikan Pasar Ramadhan di Lapangan Tugu, Hj. Nurhidayah beserta rombongan juga menyempatkan untuk mengunjungi kegiatan yang sama di wilayah kelurahan Mendawai dan kelurahan Madurejo. 
Penulis : Christian Ribut YS.,S.Sos

admin | 07-05-2019 10:32:14

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

Nomor Telepon Penting

Kontak

  • Kantor Bupati
    0532-21010
    -
  • Polres Kobar
    0532 21110
    -
  • Satlantas Kobar
    0532-21770
    -
  • Damkar Kobar
    0532-22008
    -
  • Satpol PP Kobar
    0532-25052
    -
  • PDAM Kobar
    0532-21260
    -
  • PLN Kobar
    0532-24123
    -