Berita Daerah
Selasa 03 Juli 2018 07:56:20

PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), mulai menerapkan pembangunan konsep Waterfront City (kota tepian sungai) dengan anggaran tahap pertama sebesar Rp 6,4 Miliar. Kampung Pelangi di tepi Sungai Arut Pangkalan Bun, persisnya di RT 1 Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kobar, disepakati menjadi start poin (titik awal) pembangunan Waterfront City.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menjelaskan, pembangunan waterfront city akan dilakukan secara bertahap dengan 5 segmen. Sesuai dengan master plan dari konsultan, panjang waterfront city sekitar 1 kilometer. Pada tahap pertama pengerjaan tahun 2018 ini dana yang dikucurkan dari ABPD Kobar sebesar Rp 6,4 miliar.

“Kita akan memulai pembangunan dari Kampung Pelangi ke arah hulu, dengan panjang kurang lebih sekitar 120 meter,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Jumat (9/3).

Bupati perempuan pertama di Kobar ini melanjutkan,bahwa untuk proses pembangunan ini Pemkab Kobar akan mengundang beberapa tokoh masyarakat, khususnya di wilayah yang akan dibangun waterfront city pada titik awal. Pemkab Kobar menginginkan pembangunan tersebut harus bersinergi dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Bukan kita membangun ini untuk merugikan mereka, tetapi ini juga untuk salah satu daya tarik, karena keinginan Pemkab Kobar ke depan sesuai dengan visi misi kami bahwa ada prioritas akan kita lakukan dalam 5 tahun ke depan. Salah satunya pariwisata,”terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, waterfront city merupakan salah satu cara strategis untuk meningkatkan kunjungan dan minat wisatawan. Sehingga dengan adanya inovasi terbaru tersebut, dapat merupakan destinasi pariwisata yang baru di Kabupaten Kobar.

“Minimal menjadi tempat berkumpul dan untuk UMKM yang akan kita libatkan di sini. Karena dengan adanya waterfront city, kita menginginkan UMKM hidup dan kuliner kita yang ada bisa dipasarkan di waterfront city ini,” ujarnya.

Sesuai prioritas pembangunan masa kepemimpinan pasangan Bupati dan wakil Bupati Hj Nurhidayah- Ahmadi Riansyah dalam 5 tahun ke depan, yaitu meningkatkan pariwisata di Kobar. Diharapkan nantinya Water Front City bisa menjadi objek wisata baru serta tempat berkumpulnya masyarakat, serta berkembangnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. (Diskominfo)

humas | 10-07-2018 11:42:26

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

Nomor Telepon Penting

Kontak

  • Kantor Bupati
    0532-21010
    -
  • Polres Kobar
    0532 21110
    -
  • Satlantas Kobar
    0532-21770
    -
  • Damkar Kobar
    0532-22008
    -
  • Satpol PP Kobar
    0532-25052
    -
  • PDAM Kobar
    0532-21260
    -
  • PLN Kobar
    0532-24123
    -

GPR Kominfo