Berita Daerah
Selasa 03 Juli 2018 08:10:52

PANGKALAN BUN - Olahraga memanah dan menyumpit yang merupakan olahraga tradisional khas suku dayak akan menjadi pengembangan pariwisata yang akan di jual kepada wisatawan khususnya di wilayah Desa Pasir Panjang, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Desa Pasir Panjang yang dikenal sebagai jalur masuk dan keluar bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP) TNTP diharapkan dapat menyuguhkan olah raga tersebut berserta atraksi lainnya untuk menambah daya tarik sekaligus memperkenalkan budaya lokal kepada wistawan yang berkunjung ke Kobar.

Tak hanya itu Bupati Kobar Hj. Nurhidayah ingin memasukan olah raga memanah dan menyumpit, menjadi ajang festival yang digelar rutin tiap tahun, agar bisa di suguhkan kepada wisatawan sekaligus edukasi kepada warga lokal untuk mempertahankan adat dan budaya setempat.“Ke depan kegiatan memanah dan menyumpit ini menjadi kegiatan festival agenda tahunan,” ujar Nurhidayah.

Hj Nurhidayah menjelaskan, selain untuk melestarikan budaya daerah, olahraga ini juga untuk memperkenalkan sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan asing agar tidak hanya berkunjung ke TNTP, namun juga bisa bisa menambah wawasan mereka tentang adat dan budaya lokal hingga kelestariannya dapat terjaga.”Jadi kita menawarkan sesuatu yang lebih kepada wisatawan, ketika dia berkunjung dan pulang dari TNTP bisa lebih mengenal budaya lokal yang ada di Desa Pasir Panjang,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati, dengan demikian masyarakat yang ada di sekitar lokasi bisa diberdayakan dari segi pendapatanya akibat kunjungan wisatawan tersebut. “Selain itu, ekonomi masyarakat juga dapat terbantu melaui kunjungan wisatwan yang singgah,” imbuhnya.

Ditemui terpisah Kepala Desa Pasir Panjang, Tamel mengatakan, pihaknya akan mencoba merealisasikan apa yang diminta oleh Bupati Kobar, bahwa Desa Pasir Panjang menjadi Desa Wisata yang merupakan satu jalur transportasi dari Bandara menuju TNTP. Sehingga sebelum atau sesudah ke TNTP diharapkan wisatawan dapat singgah untuk menikmati suguhan budaya tradisional ada.“Akan kita realisasikan jadi wisatawan tidak hanya menikmati TNTP, jadi bisa menikmati olah raga tradisional menyumpit dan memanah ini,” pungkasnya. (Diskominfo)

humas | 10-07-2018 11:47:16

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

Nomor Telepon Penting

Kontak

  • Kantor Bupati
    0532-21010
    -
  • Polres Kobar
    0532 21110
    -
  • Satlantas Kobar
    0532-21770
    -
  • Damkar Kobar
    0532-22008
    -
  • Satpol PP Kobar
    0532-25052
    -
  • PDAM Kobar
    0532-21260
    -
  • PLN Kobar
    0532-24123
    -

GPR Kominfo