Berita Daerah
Rabu 07 Agustus 2019 13:05:00

MMC Kobar - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mempunyai 18 Puskesmas, yang mana 15 Puskesmas sudah dilakukan survey Akreditas, 2 Puskesmas akan dilakukan survei Tahun 2020 dan 1 Puskesmas akan dilakukan survey Tahun 2021. Pada ditahun 2019 ini ada 6 Puskesmas yang akan dilakukan survey ulangan atau survey re-akreditas.

Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masyarakat harus memperhatikan standar struktur, standar proses penyelenggaraan dan standar hasil. Indikator kinerja upaya kesehatan masyarakat yang sudah ditetapkan, distandarkan dan diukur secara periodik, dianalisis sebagai dasar untuk melakukan upaya perbaikan mutu dan kinerja yang berkesinambungan dengan mengacu keputusan Menteri Kesehatan no.75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Alasan inilah yang melatarbelakangi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kobar khususnya bidang Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Workshop Audit Internal dan Rapat Tinjauan Menejemen (RTM) di aula Dinkes, Rabu (07/08).

Prinsip dari pelaksanaan kegiatan ini adalah implementasi dari Plan, Do Check, Action (PDCA) dari tiap-tiap kegiatan yang telah disusun dalam rencana pelaksanakan kegiatan Tahun berjalan. Upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan dan kinerja pegawai perlu dievaluasi apakah sudah mencapai sasaran/indikator yang ditetapakan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, drg. Akhmad Faozan mengatakan kegiatan ini bagian dari kegiatan akreditasi puskesmas sebagai upaya peningkatan mutu. Setiap kegiatan yang tidak sesuai dengan standar pelayan yang ada dipuskesmas akan dicari solusinya.

“Audit internal ini bukan hanya masalah-masalah kasus kematian saja, semua masalah yang ada dipuskesmas dibahas di dalam Rapat Tinjauan Manajemen,” sambungnya.

Workshop ini diikuti oleh 38 peserta yang terdiri dari kepala puskesmas, Wakil Manejemen Mutu (WMM), Ketua Pokja Admen,UKM dan UKP seluruh Puskesmas se-Kabupaten Kobar.

Setelah dilakasanakan kegiatan workshop ini diharapkan puskesmas mampu meningkatkan kemampuan pegawai dalam melaksanakan audit mutu dan RTM Kesehatan dalam pengambilan keputusan untuk perbaikan mutu dan kinerja puskesmas. (hendra/dinkes kobar)

admin | 13-08-2019 14:43:42

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

GPR Kominfo