Berita Daerah
Senin 12 Agustus 2019 09:08:00

PROKOM - Pada Sabtu (10/8/2019) umat Islam di seluruh wilayah Indonesia merayakan hari Raya Idul Adha. Salah satu rangkaian peringatan hari raya ini adalah dengan melaksanakan pawai takbir. Namun ada yang spesial dalam pawai takbir yang dilaksanakan di Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya bagi warga di bantaran sungai Sungai Arut. Pasalnya di malam ini dilaksanakan pawai takbir melalui kelotok (perahu tradisional) di sepanjang sungai Arut. Kegiatan yang diinisiasi oleh lima kelurahan yaitu kelurahan Mendawai, Mendawai Seberang, Raja, Raja Seberang dan Baru ini bertajuk Takbiran On The River yang baru pertama kali digelar. Puluhan kelotok yang dihias dengan lampu pernak-pernik menjadi sebuah hajatan sekaligus tontonan menarik bagi ribuan masyarakat Kobar yang sudah menanti di sepanjang bantaran sungai Arut di 5 kelurahan. Puluhan kelotok hias yang menjadi peserta pawai dilepas secara resmi oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, S.H.,M.H yang juga didampingi oleh unsur Forkopimda, Sekda Kobar dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kobar. Tidak hanya gema takbir dari seluruh peserta, suasana di sepanjang sungai Arut juga menjadi meriah dengan adanya pesta kembang api yang telah disiapkan.

Hj. Nurhidayah dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan hasil kerjasama 5 kelurahan ini. Hj. Nurhidayah mengatakan kegiatan ini selain sebagai ungkapan syukur atas pelaksanaan hari raya Idul Adha, sekaligus sebagai wahana baru bagi warga Kobar untuk berekreasi. Karena itulah Hj. Nurhidayah berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama pemerintah daerah menjaga kondisi lingkungan, khususnya wilayah sungai Arut. “Sungai Arut ini adalah aset kita bersama, kita harus dengan bijak dalam menjaga dan mengelolanya,” kata Hj. Nurhidayah. Hal ini disampaikan Bupati perempuan pertama di Kalteng ini mengingat saat ini pemerintah daerah baik itu melalui dinas terkait maupun pihak kelurahan terus berupaya melakukan inovasi di dalam menyusun berbagai program pembangunan dengan tujuan utamanya memunculkan aktivitas perekonomian yang berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Hj. Nurhidayah juga menyampaikan jika kegiatan positif ini ke depan juga sangat memungkinkan menjadi agenda rutin, hal ini didasarkan atas dampak ekonomi bagi masyarakat yang muncul. “Kegiatan semacam ini bagus sekali untuk menambah wahana baru bagi sektor wisata khusunya di wilayah sungai Arut,”ungkap Hj. Nurhidayah. Hj. Nurhidayah juga mengatakan jika hasil laporan dinas pariwisata jika telah terjadi peningkatan kunjungan wisatawan baik itu domestik maupun asing semenjak program-program inovatif dilaksanakan oleh pihak kelurahan khususnya di wilayah bantaran sungai Arut.

admin | 13-08-2019 15:16:48

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

Nomor Telepon Penting

Kontak

  • Kantor Bupati
    0532-21010
    -
  • Polres Kobar
    0532 21110
    -
  • Satlantas Kobar
    0532-21770
    -
  • Damkar Kobar
    0532-22008
    -
  • Satpol PP Kobar
    0532-25052
    -
  • PDAM Kobar
    0532-21260
    -
  • PLN Kobar
    0532-24123
    -

GPR Kominfo