Berita Daerah
Senin 09 September 2019 14:00:00

MMC Kobar - Gadis cantik kelahiran Pangkalan Bun, Ajeng Dwi Andra membawa nama harum Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dengan menyabet 2 gelar yaitu Miss Earth Indonesia Photogenic 2019 dan Miss Earth Indonesia Coral Warrior 2019 pada ajang Miss Earth Indonesia 2019 yang sukses digelar di Sun City Grand Ballroom, Jakarta, akhir pekan lalu.

Miss Earth adalah merupakan kontes yang berfokus pada kepedulian terhadap masalah lingkungan dan kelestarian lingkungan hidup, yang mana tahun ini merupakan gelaran yang ke-7 kalinya yang diselenggarakan oleh Yayasan El John Pageants yang merupakan pemegang lisensi ekslusif di Indonesia.

Miss Earth sendiri adalah salah satu dari "The Big Four" atau 4 besar kontes kecantikan di level teratas di dunia, bersanding dengan Miss Universe, Miss World, dan Miss International.

Sebelum mengikuti gelaran Miss Earth Indonesia 2019, Ajeng Dwi Andra juga pernah menyandang Duta Lingkungan Hidup Kobar 2017 dan salah satu Duta Pariwisata Kobar.  

Naik ke level provinsi, Ajeng membawa beban untuk mematahkan stigma selama tiga tahun terakhir dimana wakil putri Kotawaringin Barat tidak pernah mampu menembus 3 besar di ajang lomba duta antar kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan persiapan yang matang, bungsu dua bersaudara dari pasangan Andri dan Indrawati ini akhirnya lolos ke 3 besar dan berhak menyandang gelar Miss Earth Kalteng 2019 untuk mewakili Kalteng ke kompetisi tingkat nasional.

“Saya mendedikasikan pencapaian ini bagi semua pihak yang telah luar biasa mendukung saya, dan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah. Alhamdulilah saya bisa membawa nama daerah dengan baik di level nasional,” ujar dara siswi kelas XII SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

Sementara, untuk Miss Earth Indonesia 2019 sendiri diraih oleh Chintia Kusuma Rani. Wanita cantik asal Kalimantan Barat itu berhak meraih nilai tertinggi, karena penampilannya yang berhasil mencuri perhatian dewan juri. Sedangkan untuk Miss Earth Indonesia tahun lalu dipegang oleh Ratu Vasthi Annisa asal Tangerang, Banten.

Berikut adalah nama-nama pemenang Miss Earth Indonesia 2019:

  • Miss Earth Indonesia 2019: Chintia Kusuma Rani
  • 1st runner up / Miss Earth Indonesia 2019 Air: Anindita Pradana Suteja
  • 2nd runner up / Miss Earth Indonesia 2019 Water: Beivy Marcella Sumampouw
  • 3th runner up / Miss Earth Indonesia 2019 Fire: Clarissa Valeri
  • 4th runner up / Miss Earth Indonesia 2019 Eco Tourism: Hillary Tasya Medina

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kobar, Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Ajeng Dwi Andra yang telah membawa nama harum Provinsi Kalteng khususnya Kabupaten Kobar.

"Saya sangat mengapresiasi dan turut bangga terhadap pencapaian Ajeng Dwi Andra dalam ajang Miss Earth Indonesia 2019, semoga ke depan muncul bibit-bibit baru yang juga dapat mengharumkan nama daerah dan sekaligus turut serta dalam kepedulian terhadap masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan hidup," ungkap Bambang. (karlan08/dlh.kobar)

humas | 11-09-2019 09:19:59

Kepala Daerah
Kab. Kotawaringin Barat

GPR Kominfo